Tugas Perdagangan Internasional

Nama : Ariyani Siti Purwanti
NPM : 113401048
Ekonomi Pembangunan B
TEORI KEUNGGULAN MUTLAK
Teori keunggulan mutlak (theory of absolute advantage) merupakan teori yang dikemukakan oleh Adam Smith. Menurutnya, suatu negara dapat disebut memiliki keunggulan mutlak dari negara lain jika negara tersebut memproduksi barang atau jasa yang tidak dapat diproduksi oleh negara lain.
Contohnya, Indonesia menjadi produsen mutiara Laut Selatan terbesar di dunia dan Jepang memproduksi mobil Honda. Dengan demikian, perdagangan internasional akan terjadi di antara keduanya bila Indonesia dan Jepang bersedia bertukar mutiara dan mobil Honda.

TEORI KEUNGGULAN KOMPARATIF
Teori keunggulan komparatif (theory of comparative advantage) merupakan teori yang dikemukakan oleh David Ricardo. Menurutnya, perdagangan internasional terjadi bila ada perbedaan keunggulan komparatif antarnegara. Ia berpendapat bahwa keunggulan komparatif akan tercapai jika suatu negara mampu memproduksi barang dan jasa lebih banyak dengan biaya yang lebih murah daripada negara lainnya.
Sebagai contoh, keunggulan komparatif di Indonesia adalah sarang burung wallet yang sering diimpor ke luar negeri karena berkhasiat untuk kesehatan sedangkan Singapura unggul dalam bidang kesehatan (medis). Perdagangan akan saling menguntungkan jika kedua negara tersebut saling bertukar barang dan jasa.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s